Analisa mengapa Microsoft membiarkan pembajakan ?

Microsoft Windows
Microsoft adalah perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia. Maklum saja, pendiri nya sendiri adalah Bill Gates yang merupakan pencipta Windows sekaligus merupakan orang terkaya nomor 1 di dunia.

Hampir 99% masyarakat dunia memakai produknya. Salah satu produk tersukses dari Microsoft adalah Microsoft Windows dan Microsoft Office, yang seiring berkembangnya waktu terus melakukan perubahan.

Lantas mengapa Microsoft yang biangnya programmer justru kebobolan akan produknya?

Mari kita analisa . . .

Kita mulai dari kejanggalan ...
  • Untuk DVD Microsoft Windows asli dihargai diatas 1 Juta rupiah, namun untuk DVD Microsoft Windows versi bajakan + Crack hanya dihargai Tiga Puluh Lima Ribu Rupiah saja.
  • Seluruh programmer Microsoft dapat dikalahakan oleh individual, bahkan ada anak SMA yang dapat meng-Crack Windows ini, sehingga menjadi Full Version.   
  • Ketika kamu sering berselancar dan Windows yang kamu gunakan terdeteksi bajakan, Microsoft tidak pernah mengunci softwarenya. Ia hanya menjadikan desktop background kamu menjadi Blank.
  • Ia tidak membuat softwarenya hanya bisa diaktifkan melalui online.
  • Semua antivirus berjalan di Windows, namun mengapa antivirus dapat mencegah softwarenya dibajak, sedangkan Microsoft terkesan membiarkannya begitu saja. 
  • Hanya perlu meng-Crack dan mematikan Windows Update dan Lisensi Windows kamu menjadi Full Version selamanya.
Sekarang mari kita analisa dengan beberapa pertanyaan ini.
  1. Mengapa Facebook menggratiskan servernya untuk dapat diakses oleh milyaran orang? dan anehnya lagi pendiri Facebook lebih kaya dari milyaran orang tersebut ?
  2. Mengapa pencipta OLX  bisa lebih kaya dari kita? padahal kita memasang iklan secara gratis di situsnya, dan luar biasanya OLX  gencar melakukan banyak promosi di media.
  3. Bank BCA hanya dengan biaya administrasi perbulan 25 ribu sd 50 ribu. Ia dapat membuka cabang dan ATM dimana mana, belum lagi undian, saham, dan bunga yang dia berikan kepada nasabahnya.
  4. Kamu berselancar dengan Mozilla, Chrome, UC Browser, tapi apakah kamu tahu darimana perusahaan mereka mendapatkan untung?
  5. Atau bagaimana caranya Plugin AdBlock bisa meraih keuntungan? 
  6. Mengapa Microsoft yang berbayar mampu mengalahkan Linux yang open source?
Anda pasti sudah tahu jawabannya, jika ini semua hanya

STRATEGI BISNIS . . .  

Jika difikir dunia memang aneh. Seseorang yang tahu caranya menggratiskan produknya, akan menjadi lebih kaya dari orang yang memakai produknya.

Namun, semua itu hanya bisa terjadi pada dunia Tehnologi dan Informasi. Pada kenyataannya, jika kamu berjualan pecel lele dan kemudian menggratiskannya. Dijamin kamu ga akan kaya, namun malah miskin.

Kembali lagi pada strategi bisnis Microsoft....

Pembajakan ini hanya sebatas TRIAL. ya menurut saya kita yang memakai versi bajakan adalah orang - orang yang sedang menikmati TRIAL software Microsoft.

Ketika kita membeli suatu software yang mahal dan belum terkenal, kita akan selalu meminta TRIAL....

Begitu juga Microsoft, ketika Milyaran manusia di dunia telah mendapatkan benefit dari produknya, maka masyarakat di dunia akan merasa ketergantungan dengan Microsoft.

Satu hal yang pasti, bahwa nasib Microsoft akan menjadi sama seperti nasib Linux, jika tidak ada satu pun developer aplikasi yang memakai produknya. Misal : Mozilla, Photoshop, Antivirus, C++, Java, dll.

Apalagi jika ada sidak dadakan, setiap perusahaan atau warnet atau penjual DVD Windows bajakan akan dikenakan denda yang fantastis melebihi harga Software Windows tersebut.

Bayangkan jika kamu punya Windows asli, namun software yang kamu inginkan tidak dapat diinstal di Windows kamu?

Pengalaman saya ketika bekerja pada perusahaan IT, sebenarnya Microsoft tidak semata mata menjadi besar hanya karena produk Windowsnya, namun karena pengawasannya.

Ketika ada proyek di seluruh dunia yang melibatkan pembelian komputer, maka selalu ada perwakilan Microsoft di dalamnya.

Dalam seksi nyelenehnya, perwakilan Microsoft pernah berkata "Pembajakan hanya untuk warga miskin. Ibaratnya subsidi dari presiden Microsoft"

Jadi, jika kamu bilang programmer Microsoft itu bodoh-bodoh, itu salah besar. Justru mereka pintar pintar sehingga mereka bisa sukses seperti saat ini. Tidak jauh berbeda seperti Mozilla,OLX,Photoshop dll.

Inilah menurut analIsa saya. Bagaimana menurut analisa kamu?
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment